BBPOM di Manado Intensifikasikan Pengawasan Takjil di Kota Bitung

08-04-2024 Umum Dilihat 274 kali

Dalam rangka upaya Badan POM memastikan takjil yang dijual aman dikonsumsi selama bulan Ramadhan, BBPOM di Manado  kembali melaksanakan intensifikasi pengawasan pangan takjil dengan menggunakan fasilitas mobil laboratorium keliling.

Pengawasan dilakukan dengan sampling jajanan takjil buka puasa di seputaran Kota BItung yakni di daerah  Girian dan Pusat Kota Bitung pada Rabu (03/04/2024). Terhadap 23 sampel yang disampling, dilakukan uji boraks, formalin serta pewarna merah Rodamin B dan kuning Methanil Yellow menggunakan rapid test di mobil laboratorium keliling. Dari hasil pengujian yang dilakukan tidak ditemukan pangan berbuka puasa/takjil yang mengandung Bahan Berbahaya.

Selain melakukan sampling takjil, petugas juga melakukan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) “Ayo Kenali Penyalahgunaan Bahan Berbahaya pada Pangan” kepada pedagang takjil dan masyarakat/ konsumen di kawasan tersebut. Pedagang diedukasi bagaimana menjajakan takjil dengan aman yakni takjil ditaruh di tempat yang tertutup seperti etalase atau menggunakan mika plastik berpenutup. Dalam mengambil jajanan takjil bisa menggunakan penjepit/gepe-gepe atau sarung tangan plastik. Selain itu pedagang dihimbau untuk memperhatikan kebersihan diri dan lokasi sekitar tempat penjualan .

Kegiatan serupa  juga sudah dilaksanakan di beberapa kota dan kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara sebelumnya. Pengawasan takjil dilaksanakan sebagai bentuk perlindungan terhadap masyarakat sehingga tidak ragu untuk mengkonsumsi atau berbuka dengan pangan takjil.

Sarana